Tuesday, April 2, 2013

CONTOH RPP WRITING BAHASA INGGRIS KELAS VII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah        :   -
Mata Pelajaran       :   Bahasa Inggris
Kelas/Semester        :   VII
Standar Kompetensi :   Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar   :   Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkunguan terdekat dalam teks berbentuk descriptive.

Indikator                :  a.  Melengkapi kalimat yang masih rumpang.
b.    Membuat kalimat sederhana.
c.    Mendeskripsikan sesuatu melalui gambar atau foto.
d.    Membuat teks descriptive sederhana.



Jenis Teks              :   Deskriptif
Tema                    :   Mendeskripsikan gambar
Aspek/Skill             :   Menulis
Alokasi Waktu        :   80 menit

1.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
1.     Melengkapi kalimat rumpang.
2.    Menyusun kata menjadi sebuah kalimat sederhana.
3.    Membuat kalimat sederhana berdasarkan gambar.
4.    Membuat teks descriptive sederhana.                      

2.    Materi Pembelajaran
  1. Gambar/images

ricardo-kaka-brazil-football-team.jpg179842_DSC_0123_colour.jpg  



  1. Text Descriptive

          This is Dora. Dora has brown hair and brown skin. She also has brown eyes. Dora wears purple and orange short pants. Her socks are yellow and her shoes are white. Dora wears yellow bracelet and wears blue bag.



  1. Kosakata dan kalimat-kalimat yang relevan
Verb:


Wear                     Bring




Adjective:


Brown
Beautiful
Green
Handsome
White
Yellow
Tall


Noun:


Shoes
T-shirt
Pants
Hair
Skin




3.    Metode Pembelajaran: Eclectid Method, dengan proses sebagai berikut:
µ  Building the Context,
µ  Modeling and Deconstructing,
µ  Joint Construction, and
µ  Independent Construction

4.    Langkah-langkah Kegiatan
  1. Kegiatan Pendahuluan (Building Context)
1.     Guru memperlihatkan gambar berikut :
    

2.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan gambar sebagai building knowledge.
 Misalnya:
-          What is the picture about?
-          Do you know who are they?
-          Have you ever seen them before?
-          Can you tell a short description about the picture?
  1. Kegiatan Inti
Modeling and Deconstructing Text
1.     Guru menjelaskan tentang Text Descriptive berdasarkan contoh gambar.


          This is Dora. Dora has brown hair and brown skin. She also has brown eyes. Dora wears purple and orange short pants. Her socks are yellow and her shoes are white. Dora wears yellow bracelet and wears blue bag.


2.    Guru menjelaskan kosa kata dan kalimat-kalimat yang digunakan dalam text descriptive yang diajarkan, dengan teknik demonstrasi dan penggunaan media gambar berikut:
Oval: 1Oval: 4Oval: 3Oval: 9Oval: 2Oval: 5Oval: 7Oval: 8

Oval: 6




Verbs
-          Wear                     - Bring
Adjective


1"black
2"brown
4"purple
5"orange
6"yellow
7"white
8"blue
short


Noun


1"hair
2"skin
3"eyes
4"t-shirt
5"pants
6"socks
7"shoes
8"bag
9"bracelet
Girl



3.    Guru menjelaskan bagaimana mendiskripsikan sesuatu berdasarkan gambar.
4.    Kegiatan ini dapat dilakukan bersama-sama siswa.
Joint Construction Actvities

5.    Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, atau berpasangan.
6.    Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan latihan melengkapai kalimat rumpang secara berpasangan (handout 1).
7.    Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan latihan menyusun kata menjadi kalimat (handout 1) secara berkelompok atau berpasangan.
8.    Terakhir siswa diminta untuk berlatih menysun kalimat-kalimat menjadi sebuah text deskriptif.

Handout 1
I.             Look at the picture and try to complete the blanks with an appropriate word.
Oval: 5Oval: 4Oval: 3Oval: 2Oval: 1



Wears
Scrool
Yellow hair
Orange pants
Boy
Brings
Shoes

 

He ... a large ... on his back. [2]
He has .... [1]
His name is Naruto
He also ... red coat and black .... [5],[4]
He wears .... [3]
He is a ....
II.           Unscramble these words to make a sentence.












-          Is/name/his/Kaka.
-          a/football/player/is/he.
-          Black/has/he/hair.
-          short-pants/he/and/blue/yellow-shirt/wears.
-          Shoes/he/wears/yellow.
-          Socks/wears/also/he/blue.

III.          Rearrange these sentences to make a good paragraph.

IV.         Copy these sentences to make a descriptive text

9.    Siswa membentuk kelompok sesuai dengan yang diperintahkan.
10.  Siswa mengerjakan latihan (handout 1) yang diberikan oleh guru.
11.   Guru bersama sama kelompok atau pasangan siswa mengecek text descriptive yang telah dibuat.

  1. Kegiatan Penutup
Independent Construction
1.     Guru mereview tentang descriptive text.
2.    Guru memberikan assignment (handout 2) untuk dikerjakan secara individu.
Handout 2
I.     Look at the pictures and complete the following texts using appropriate word or phrase:


179842_DSC_0123_colour.jpg







Oval: 5Oval: 3          


 






Name
Beautiful
Girl
Hair
Wears
Black
Black bag
Shoes

 
She also wears white ... and black legging.
She is a ....
She ...blue dress and ...jacket.
She brings a ....
Her ... is Lady Gaga.
She has brown ....
She is very ....

II.   Rearrange the sentences into a good order.

III.  Copy these sentences to make a descriptive text.


1.     Sumber dan Alat Belajar
  1. Gambar-gambar yang relevan
  2. Contoh text descriptive
  3. Daftar kosa kata yang berkaitan dengan materi

2.    Penilaian
  1. Teknik                   :
  2. Bentuk          :
  3. Instrument    :

Observe gambar handout 2 terlampir
  1. Pedoman Penilaian
  2. Rubrik Penilaian
Anda dapat mendownload RPP Kelas VII Semester 1 dengan mengklik link dibawah ini
RPP Kelas VII Semester 1
Thank you for coming

1 comment: