RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : -
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII
Standar
Kompetensi : Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar : Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkunguan terdekat dalam teks berbentuk descriptive.
Indikator : a. Melengkapi kalimat yang masih rumpang.
b. Membuat
kalimat sederhana.
c. Mendeskripsikan
sesuatu melalui gambar atau foto.
d. Membuat
teks descriptive sederhana.
Jenis Teks : Deskriptif
Tema : Mendeskripsikan
gambar
Aspek/Skill : Menulis
Alokasi Waktu : 80
menit
1. Tujuan Pembelajaran
Pada
akhir pembelajaran, siswa dapat:
1. Melengkapi kalimat
rumpang.
2. Menyusun kata menjadi
sebuah kalimat sederhana.
3. Membuat kalimat sederhana
berdasarkan gambar.
4. Membuat
teks descriptive sederhana.
- Gambar/images
- Text Descriptive
This is Dora. Dora has brown hair and
brown skin. She also has brown eyes. Dora wears purple and orange short pants.
Her socks are yellow and her shoes are white. Dora wears yellow bracelet and
wears blue bag.
- Kosakata dan
kalimat-kalimat yang relevan
Verb:
Wear Bring
Adjective:
Brown
Beautiful
Green
Handsome
White
Yellow
Tall
Noun:
Shoes
T-shirt
Pants
Hair
Skin
3. Metode Pembelajaran: Eclectid Method, dengan proses sebagai
berikut:
µ
Building
the Context,
µ
Modeling
and Deconstructing,
µ
Joint
Construction, and
µ
Independent
Construction
4. Langkah-langkah
Kegiatan
- Kegiatan
Pendahuluan (Building Context)
1. Guru memperlihatkan
gambar berikut :
2. Guru mengajukan
beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan gambar sebagai building knowledge.
Misalnya:
-
What
is the picture about?
-
Do you know who are they?
-
Have you ever seen them before?
-
Can you tell a short description about the picture?
- Kegiatan Inti
Modeling
and Deconstructing Text
1. Guru menjelaskan
tentang Text Descriptive berdasarkan contoh gambar.
This is Dora. Dora has brown hair and
brown skin. She also has brown eyes. Dora wears purple and orange short pants.
Her socks are yellow and her shoes are white. Dora wears yellow bracelet and
wears blue bag.
2. Guru menjelaskan kosa
kata dan kalimat-kalimat yang digunakan dalam text descriptive yang diajarkan,
dengan teknik demonstrasi dan penggunaan media gambar berikut:
Verbs
-
Wear - Bring
Adjective
1"black
2"brown
4"purple
5"orange
6"yellow
7"white
8"blue
short
Noun
1"hair
2"skin
3"eyes
4"t-shirt
5"pants
6"socks
7"shoes
8"bag
9"bracelet
Girl
3.
Guru menjelaskan bagaimana mendiskripsikan sesuatu berdasarkan gambar.
4.
Kegiatan ini dapat dilakukan bersama-sama siswa.
Joint Construction Actvities
5. Guru membagi siswa
menjadi beberapa kelompok, atau berpasangan.
6. Guru menugaskan siswa
untuk mengerjakan latihan melengkapai kalimat rumpang secara
berpasangan (handout
1).
7. Guru menugaskan siswa
untuk mengerjakan latihan menyusun
kata menjadi kalimat (handout 1) secara berkelompok atau berpasangan.
8. Terakhir siswa
diminta untuk berlatih menysun kalimat-kalimat menjadi sebuah text deskriptif.
Handout
1
I.
Look at the
picture and try
to complete the blanks with an appropriate word.
|
He ... a large ... on his back. [2]
He has .... [1]
His name is Naruto
He also ... red coat and black .... [5],[4]
He wears .... [3]
He is a ....
II.
Unscramble
these words to make a sentence.
-
Is/name/his/Kaka.
-
a/football/player/is/he.
-
Black/has/he/hair.
-
short-pants/he/and/blue/yellow-shirt/wears.
-
Shoes/he/wears/yellow.
-
Socks/wears/also/he/blue.
III.
Rearrange
these sentences to make a good paragraph.
IV.
Copy these sentences
to make a descriptive
text
9. Siswa membentuk
kelompok sesuai dengan yang diperintahkan.
10. Siswa mengerjakan
latihan (handout 1) yang diberikan oleh guru.
11. Guru bersama
sama kelompok atau
pasangan siswa mengecek text descriptive yang telah dibuat.
- Kegiatan Penutup
Independent
Construction
1. Guru mereview tentang
descriptive text.
2. Guru memberikan
assignment (handout 2) untuk dikerjakan secara individu.
Handout
2
I.
Look at the pictures and complete the following texts using
appropriate word or phrase:
|
She is a ....
She ...blue dress and ...jacket.
She
brings a ....
Her ... is Lady Gaga.
She has
brown ....
She is very ....
II. Rearrange the sentences
into
a good order.
III. Copy these
sentences to make a descriptive text.
1. Sumber dan Alat
Belajar
- Gambar-gambar
yang relevan
- Contoh text descriptive
- Daftar kosa kata yang berkaitan dengan materi
2. Penilaian
- Teknik :
- Bentuk :
- Instrument :
Observe gambar
handout 2 terlampir
- Pedoman
Penilaian
- Rubrik Penilaian
Anda dapat mendownload RPP Kelas VII Semester 1 dengan mengklik link dibawah ini
RPP Kelas VII Semester 1
Thank you for coming
Thank you for coming
thanks a lot for the help :)
ReplyDelete